RSS Feed

The Incredible HUAHIN – Khin Lom Chom Sa Pan


this long journey so killing me, yet biggest things to realized how important its gonna be

Geez, its been a while after my backpacking life over, a month ago! then, i continued my story here….

Phuket-Bangkok

dari phuket jam 7.30 pm dan selama perjalanan saya berniat untuk TIDDDDDDOOOOOORRRR!!

7.00 AM  HUA-HIN

 

Huahin in the Morning

 

Damn…awesome!! a resort land in mid-of nowhere around Thailand, just a couple hours from Bangkok i guess! here i am…

setelah Lania dan Marc (french people) turun di tengah jalan, saya baru sadar kalo mereka turun di Huahin, kota kecil di Thailand yang isinya very expensive villa, resort houses and beautiful Wat (temple), also Airport. so Luxury, great escape!! dua org tadi, a newlyweds, spent their honeymoon across asia from Malta.

Sekilas mirip, semarang versi bersih dan teratur —–> menurut si thatut loh! tp tetep aja saya takjub dengan isi kotanya yang memang sangat-sangat menjamin kemewahan di pinggiran kota, apa lagi apartmen dengan skala menengah sangat minimalis, point of view-nya pantaaiiiii…. ahh damn so sweet, spending your morning sun over balcony, isnt good?

perjalanan menuju Bangkok masih agak jaauhh, tapi ya cukup lah buat liat-liat Huahin dan bertemu bikhu…dan perruuttt terasa lapaaarr, cari makan? impossible.. hahahhaa.. duit menipis dan cukuplah untuk minum air sebanyak-banyaknya serta sisa oreo.

Sekitar Jam 9.00 Am Southern Terminal

Akhirrrnyaaaa, sampe bangkok again!!! pagi buta gini masih belum ada apa-apa, even ini saturday ya! its gonna be more hectic i guess, but abso’ not! pulang ke apartmen di petchaburi, kami ga tau mau naik apa, sms tante pipi ngwajibin kami untuk naik TAXI, awalnya sih mau naik Bis (lebih iriit), tapi karena masih pagi dan traffic belum tau kayak apa, udah lah ikut aja!

166 bath dari Southern Terminal sampai petchaburi. Senenggg bgt deh nyampe apartment, badan udah pegellll banget pengen mandi, pengen maaaaakkaaaannnn, pengen tidduurrr! Kalo bener-bener ga bisa jaga pola makan dan badan, mungkin saya sudah tumbang di hari ke 3!

Disambut si nenek baik  hati dan tante pipi, kami langsung disuruh istirahat, mandi, dan makan!!! karena hari ini akan tur sama oom dan tante keliling Bangkok!! Whaaaaaattttttttttt!!!! ya allah, need a break for a while! ga sampe deh se-jam di apartment, kami langsung diajak pergi ke Grand Palace, Wat Arun and all in Bangkok!

wwwoooooohhoooooooo….. Bangkok Day Again? saya masih mengontak Akira untuk bertemu entah makan siang atau spending an evening.. ciihuuuyy!! hahhaha,,tapi kayaknya impossible! schedule hari ini familia trip. Ternyataaaaa om kang udah ngasih tiket untuk tur hari ini.. ssuuppeeerrrrrbb.. baik deh si oom!!

1st place — Grand Palace

Sebenarnya saya dan githut udah ke area ini sebelum kami berangkat ke phuket, tapi karena satu dan lain hal kami memutuskan untuk tidak masuk Grand palace, alhamdulillah hari ini si oom kasih gratisan! i lovveee it…

Sama kayak Palace lainnya, ini salah satu kunjungan WAJIB kalo ke Thailand. 300 Bath untuk tiket plus tanda masuk ke Museum-nya. Masuk Gerbang pertama, saya disuruh langsung diminta petugas untuk memakai kain sarung sebelum masuk Main Area, soalnya saya pake Celana Pendek! hehehehhee… depositnya 500 Bath! gilleeeeeee.. mahal amaaat, tp nanti di balikin kok uang depositnya.

 

Grand Palace and saroong!

 

 

another palace in the palace

 

 

in mid of pilgrim

 

 

 

 

 

 

 

 

Beautiful Palace with a bunch of praying People, tetep yeee di dalam palace ada kuilnya untuk berdoa, dan raameeeee bgt deh tuh sama para pelancong dan peziarah! kami memutuskan muter-muter sampe joomppoo, karena saking gedenya ini tempat, kami akhirnya kepisah! saya dan githut yang udah ga sanggup sama panas dan lapaarrrnya perut ini memutuskan keluar dan mencari makan. hehehehee..

Hawker Food so tempating! beli cemilan seharga 5 bath.. hahaha baso-baso ga   jelas dan seafood!

2nd Place ——- Chao praya – Wat Arun and Friends!!

Udah puas, dan Pegeeelll di Grand Palace, kami berjalan mengitari palace untuk sampe ke dermaga terdekat untuk naik boat menuju Wat arun, melalui Chao Praya. Dengan membayar 3 bath, kami bisa menyebrang ke Wat Arun, ohiyaa di sungai tersohor se Thailand ini ternyata Chao Praya banyak buaya nya! sspooookky!!

Di Wat Arun, kami ternyata ga boleh foto kalo ga masuk ke dalam Wat, Hell!! its okay, untung tadi udah sempet foto di depan sebelum masuk ke depan gate-nya! aneh-aneh aja. Disana banyak yang nawarin lagi tentang Floating Market dengan harga 2800 bath, i dunno its worth or not, since i got a scam by people i met a couples day before, i just skip that for SURE!! hehe..

saya, ga kuat lagi untuk masuk dan nanjak ke atas kuil yang sangattt tiiinnggiiiiiiiiii. Dari luar juga udah terlihat keindahan dan bentuk serta arsitekturnya, dan paling penting nih di Thailand ya, mesti sembayaangg di kuil no matter how!! hahahaa… ohya, sepanjang chao praya, kami makan jambu dan mangga thailand yang fressshh bgt! harganya 20 bath dan yang beli kayaknya HAMIL deh! hahahahaa….

 

 


Wat Arun and the Garden

 

 

Chao Praya

 

Puas dengan jalan di Wat Arun, Kami langsung naik Boat lagi untuk ke takhsin Landmark, naik boat express yang cuma 3 bath di akhiri dengan SALAH naik, kami naik boat yang dipakai khusus lalulintas masyarakat thai, bukan yang khusus para turis, jadi nyampur deh bareng orang-orang yang pulang kerja, anak sekolahan, ibu-ibu yang pulang dari pasar! PERFECT!! hahahaha…

Ada sekitar 30 Pier yang ada di sepanjang Chao Praya, tapi karena udah SOK TAHU duluan, kami semua nyaasaarrr, dr Wat Arun harusnya kami ambil rute ke Kiri, bukannya ke Kanan, karena mau Takhin yang di Pier 1. Jadilah kita muter satu lap di sepanjang Chao praya!

Huh…. once in my life ngubek-ngubek sungaiii dan ga sampe-sampe! kami putuskan! TAXI!! hahahaha.. dasar orang jakarta, apa-apa taxi! tapi akhirnya kita milih naik BTS dari Pier terdekat, karena udah di telpon bakal makan malam bareng oom dan tante!! yiihhaaaaaaaaaa.. kami turun di BTS SIAM, pas banget depan Siam Paragon, i-Setan and a suppeeerrrrr block Shopping TOWN!!seperti biasa, si Newlywed itu jalannya ga liat-liat, akhirnya kami tertinggal jauh dari mereka. Dan engg innggg eenngggg… di LABRAK sama Polisi Thai yang kami pun ga ngerti ngomong apa! (dimana-mana, polisi ngomel-ngomel dulu baru ngasih tahu kesalahan kita, PATHETIC)

Untungnya saya, ketemu Inge! dia tepat dibelakang saya, pas si polisi itu marah-marah tanpa sebab! Dia lgs nanya, sorry where do you come from? i said “I am from Indonesia”, saya tetap ngeliatin polisi itu tanpa kedip! ——> sial tuh polisi!

Akhirnya saya balik tanya, sorry, and you are….. “oh me? i come from Germany”

OOOOHHHHH… Deutschland? wie gehts? saya langsung mempraktekin bahasa Jerman saya, hehehehehhe…

Inge dari Hiedelberg dan dia menghabiskan 2 minggu di Bangkok, apartment nya di daerah SIAM dan kali ini dia akan mengantar saya sampai Apartment di daerah petchaburi. Sepanjang perjalanan kami berbincang seerruu dalam bahasa Jerman! hehehehe…even though bahasa saya masih agak-agak, tapi Inge sangat immpressed by me!! hahhaaha

 

Inge und Ich

 

Kami pisah di Perempatan SIAM, dan saya melanjutkan perjalanan menuju petchaburi dengan githut sambil mengarungi Hawker food yang menggodaaaa, kami membeli 2 ayam dengan harga 5 Bath —–> murahhhh, gedeee, dan Kenyaang! hhaaha

didepan platinum, kami melihat banyak makanan yang LAYAK di MAKAN, hahahaha,, kecoa, belalang, cacing, dsb deh!! Gilaaaa nya platinum yang sangat deket dari Apartment, malah belum sama sekali kami datangi! hahahahaaha…

sesampai di Apartment, saya bergegas untuk mandi dan siap-siap berangkat malam bareng oom, tante, ichan, nenek, sorby, kang ichwan, and githut. suppeerrrr ngeebuuutttttttttttt… sempet bingung mau makan di mana. karena banyak pilihan, dan akhirnya tante punya ideeee brilianntt, kami makan masakan Khas Thailand di pinggir SUNGAI CHAO PRAYA!

3rd Place 7.00 PM Exclusive yet Expensive Dinner ——-Khin Lom Chom sa-pan תאילנד, בנגקוק

improve Thai kItchen to the world

dari motonya kegambar jelas bahwa makanan thailand memang bisa menembus pasaran dunia, konon dalam sejarah kulinari thailand, hampir seluruh masakan Thailand di support penuh oleh pihak kerajaan, yang memungkin para Raja Thailand membawa makanan khas thai menjadi salah satu cuisine explore. Dan hanya di Thailand yang mempunyai 5 rasa (sweet, salt, Sour,Bitter,satu lagi lupa)

Restoran ini yang akhirnya kami datangi, menuju daerah ini kami sempatkan melewati depan istana Thailand, untuk melihat kerlap-kerlip lampu yang akan menyambut QUEEN’s day. Saya ga tau apa nama daerah ini, tempat restoran Khin lom Chom SA-PAN berada, dari jalan raya kami masuk lagi kejalan lebih kecil dan langsung melihat areal luas untuk parkir.

restoran ini mirip apa ya, di depan kami sudah bisa melihat open kitchen, tempat para chef pro mengeluarkan keahliannya dalam mengolah makanan, ada kolam dan air mancur serta beberapa tanaman tropis Thailand. Ternyata tante pipi harus reservasi dulu, untuk tempat-nya hhehehee.. agak lucu ya mereka bertransaksi dengan bahasa thai, saya? bengong dan ga ngerti!! hahahaa.. lama menunggu untuk dapat tempat, saya duduk di open Bar, menikmati musik Top 40 Thailand, dan gak ngertiiiii!! hahahaha…

Atmosphire-nya kewl!! so great, temptating dan ada yang lagi merayakan graduation day. Kami dapat Meja pas dipinggir sungai Chao-Praya, dan di sebelah kami ada jalan menuju Kapal pesiar yang siap membawa pasangan muda mudi, tua muda, pacaran, newlyweds, couple friends menikmati makan malam langsung dari atas kapal mengarungi Chao Praya dan Jembatan terpanjang di Thailand!! Damn.. Romantic!!

Khin Lom Chom sa-pan

 

Khin Lom Chom sa-pan view

 

Kami pesan, banyak makanan! hehhee… Thai Cuisine! saatnya makan Tom yam aseli Thailand! *curious* menu nya

Tom-yam (off course) —– 5 star u have to try! HEBAAATTTT! perfect combination

Grilled Snapper with Salt (ikan sea bass, dilumuri garam, dammmnnn goood!!) one of the most recomended

Grill King Prawns (Udang yang dimasak ala thai, isinya cuma 4 dan geedeee semua, yummmm–ooo)

Green Curry (one of my favorite, its awesome! say abaru nemuin karee ijo dan rasanya i cant to explained! you-must-try)

Look-like -cah kangkung— lupa namanya apa, isinya udang, bakso, dan daun yang enak bgt, penyajiannya miripp cah kangkung hot plate, apa ya namanya! hehehe

Full-off-seafood and many spicy things. Kami langsung menuju Suan Lum Night Bazaar

4th Place Suan Lum Night Bazaar

 

 

Suan Lum Night Bazaar

 

 

Shopping on the mid nite? pasaarr pulaaaa… mirip PRJ kali ya, barangnya? ya lumayan lah klo mau beli pernak-pernik untuk oleh-oleh dan hanya punya waktu kepepet! Semua ada, dan harus nawar! deket bgt dari petchaburi, bisa di akses pk BTS dan deket banget sama Lumpini Park!

Lumayan lah dapet beberapa barang untuk dipakai sendiri! hehehhee… lelah menghabiskan uang —–> hahahahaha… kami langsung pulang ke Apartment untuk istirahat, karena beessookkkkkkk!! saya dan githut akan memulai hari kami dengan PONTANG-PANTING laaagiiiiii!!!

see and read our next journey…..

‘Lost.in.ASIA’

About Rinny Hafid

i am a part time WORKER, a part time CHEF and a FULL-TIME TRAVELER!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: